Keselamatan kerja merupakan hak setiap pekerja yang telah diatur dalam UU No. 1 Tahun 1970 Tentang Keselamatan Kerja. Dalam rangka memenuhi aturan tersebut, setiap perusahaan wajib memiliki alat pelindung diri (APD) sesuai dengan bidang industrinya. Apa saja yang termasuk Alat Pelindung Diri alias APD dan seperti apa fungsinya? Yuk simak artikel berikut ini.

Alat Pelindung Diri (APD) adalah sebuah perangkat yang digunakan secara individu, dengan fungsi untuk melindungi penggunanya dari potensi kecelakaan kerja.

 

Bedanya APD dan APK

Berbeda dengan Alat Pelindung Kerja (APK), APD menempel pada tubuh penggunanya dan wajib dipakai terutama di area proyek. Sementara itu APK merupakan alat yang dipasang di area kerja, berfungsi untuk mencegah pekerja mengalami kecelakaan. Contoh APD adalah safety helmet, contoh APK adalah jaring pengaman.

 

Apa Saja Alat Pelindung Diri (APD)

Menurut situs Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR), berikut ini beberapa contoh APD, lengkap dengan penjelasan fungsinya.

  • Safety helmet (helm keselamatan): untuk melindungi kepala dari benturan.
  • Safe protection (pelindung wajah): melindungi mata dari kemasukan benda.
  • Safety glass (pelindung mata): melindungi mata dari terpaan ultraviolet.
  • Safety goggles (kacamata pelindung): melindungi mata dari bahaya zat kimia, radiasi, cutting dan gas welding.
  • Ear plug (pelindung telinga): melindungi telinga dari kebisingan di atas ambang batas.
  • Respiratory (pelindung pernapasan): pelindung hidung dan mulut dari debu dan kotoran bahan berkarat.
  • Masker PVC (masker pelindung pernapasan): melindungi hidung dan mulut dari debu, asap dan bau.
  • Hand protection (hand protection): pelindung tangan dari kontak zat kimia atau benda tajam.
  • Electric glove (sarung tangan listrik): melindungi tangan dari bahaya sengatan listrik.
  • Safety belt atau safety harness (sabuk pengaman): sabuk/tali pelindung tubuh dari bahaya jatuh.
  • Safety shoes: pelindung kaki dari benda tajam atau panas.

Seluruh APD tersebut memiliki standar yang wajib dipenuhi. Jadi setiap produk APD yang berkualitas harus memiliki sertifikat Standar Nasional Indonesia (SNI) ISO. Jangan diremehkan, sertifikat ini sangat penting untuk menjamin keselamatan para pekerja yang merupakan aset penting bagi perusahaan.

 

Harga Jual Distributor APD di Jakarta

Dapatkan berbagai macam APD dengan harga jual kompetitif hanya di distributor alat safety terpercaya di Jakarta yaitu PT Velasco Indonesia Persada.

 

Baca juga :  Alat Pelindung Diri untuk Keselamatan Kerja

 

VELASCO INDONESIA PERSADA adalah distributor alat keselamatan industri seperti welding gloves, safety shoes, safety body harness, safety helmet, dll, dengan pelayanan terbaik di Jakarta.

Kami juga merupakan distributor alat kapal, alat pemadam kebakaran, alat rigging, alat lifting, tali mooring, tali tambang, wire rope, webbing sling, dll. Lihat produk kami lainnya di sini. Semua barang yang kami jual dilengkapi sertifikat dan berkualitas. Silahkan hubungi kami lewat Whatsapp (081290808833) atau 021 690 5530. Bisa juga melalui email ke info@velascoindonesia.com atau sales@velascoindonesia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *