Mungkin sebagian orang tidak familiar dengan alat satu ini yaitu zinc anode. Zinc anode merupakan sejenis logam yang digunakan untuk melindungi permukaan besi dari karat. Alat ini umumnya ditempelkan pada badan kapal. Lalu bagaimana cara kerja zinc anode pada kapal? 

Sebelum membahas cara kerja zinc anode pada kapal, kita bahas pengertian dan fungsi zinc anode lebih dahulu. Zinc anode adalah sebuah logam yang dibuat khusus yang berfungsi untuk melindungi permukaan besi ataupun logam lainnya dari proses pengaratan. Zinc anode terbuat dari campuran yang terdiri dari seng dan magnesium yang memiliki sifat negatif dari jenis logam seperti besi, baja dll. 

Dimana sifat negatif campuran anode tersebut akan menjadi pelindung bagi logam yang ditempelinya sehingga dapat menunda proses pengaratan. Selain itu, campuran zinc anode ini juga telah dibuat sedemikian rupa sehingga dapat hancur saat terkena air laut tanpa merusak besi atau logam yang dilapisinya. 

Proses hancurnya zinc anode saat terkena air laut ini bukanlah hancur lebur. Namun zinc anode akan hancur sedikit demi sedikit dan menghasilkan partikel-partikel kecil yang akan melindungi besi atau baja dari proses pengaratan.

Cara Pemasangan Zinc Anode

Berdasarkan bentuknya zinc anode di bagi menjadi dua tipe yakni tipe Bolted (B-series) dan tipe Welded (S-series). Untuk type bolted memiliki bentuk persegi panjang dengan lubang di bagian tengahnya. dimana lubang tengah ini akan digunakan sebagai pengunci untuk menempelkan zinc anode di kapal. Sedangkan tipe welded memiliki bentuk persegi panjang yang dilengkapi dengan pengunci berbentuk timah panjang di kedua sisinya. 

Penggunaan timah sebagai pengunci anode bukanlah tanpa alasan. Timah memiliki ketahanan terhadap karat sehingga dapat mengunci atau mengikat zinc anode pada body kapal dengan kuat dan tidak akan hancur saat terkena air laut. 

Untuk menempelkan zinc anode pada body kapal dapat dilakukan dengan proses pengelasan pada bagian timah yang berfungsi sebagai pengunci tersebut. Proses pengelasan ini tidak bersifat permanen, namun hanya pengelasan kecil saja untuk menempelkan zinc anode ke body kapal. Hal ini dilakukan untuk mempermudah saat pelepasan zinc anode yang sudah habis. Seperti yang telah dibahas sebelumnya zinc anode akan habis terkikis, dan harus diganti dengan zinc anode yang baru. 

Demikian pembahasan mengenai cara kerja zinc anode pada kapal. Bagi Anda yang membutuhkan zinc anode, Anda dapat menghubungi kami. Kami menjual berbagai jenis zinc anode dari merk germany dan RRT.

Baca Juga : Jual Zinc Anode

VELASCO INDONESIA PERSADA adalah distributor dan Supplier Alat keselamatan kapal di jakarta dan juga menjual  Polyform Boat Fender, Polyform BuoyMagnetic Compass, Reflective Solas Tape, Sopep Box, Explotion Proof Hand Light, Sea Anchor, Bailer, Battery Aldis Lamp, Aldis Lamp, Day Signal Black, Barometer Brass, Clinometer, Marine Clock Brass, Marine Ship Bell-Brass, Pilot Ladder, Embarkation Ladder  dll, dengan pelayanan terbaik di Jakarta. Kami juga menjual alat kapal, Lihat produk kami lainnya di sini. Rantai, rigging, wire rope, alat keselamatan kapal, peralatan safety, chemical product Semua barang yang kami jual dilengkapi sertifikat dan berkualitas. Silahkan hubungi kami lewat Whatsapp (081290808833) atau 021 690 5530. Bisa juga melalui email ke info@velascoindonesia.com atau sales@velascoindonesia.com Atau lihat produk kami lainnya di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *