Alat Pemadam Api Ringan (APAR) adalah salah satu perangkat keselamatan yang sangat penting di berbagai lingkungan, mulai dari rumah, kantor, hingga industri. Keberadaan APAR dapat menjadi penyelamat saat terjadi kebakaran. Namun, agar APAR dapat berfungsi dengan optimal ketika dibutuhkan, penting untuk memastikan bahwa alat tersebut selalu dalam kondisi siap pakai. Salah satu cara untuk memastikan hal ini adalah dengan rutin memeriksa jarum tekanan atau pressure gauge pada APAR. Pressure gauge ini memberikan informasi penting tentang kondisi dan kesiapan APAR untuk digunakan. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara mudah membaca jarum tekanan APAR. 

Jarum tekanan pada APAR, atau yang lebih dikenal dengan pressure gauge, adalah alat yang menunjukkan tekanan gas dalam tabung pemadam. Ini penting karena memberitahu Anda apakah APAR dalam kondisi siap pakai atau perlu diisi ulang. Tekanan ini mencerminkan berapa banyak bahan pemadam api yang tersedia dalam tabung dan seberapa efektif APAR dapat mengeluarkannya saat diperlukan.

Pressure gauge biasanya terletak di bagian atas tabung APAR dan memiliki jarum yang menunjukkan tekanan dalam satuan psi (pounds per square inch) atau bar, tergantung pada jenis APAR. Tidak semua APAR dilengkapi dengan pressure gauge. APAR berbasis air dan busa umumnya tidak memiliki pressure gauge karena tekanannya tidak berubah secara signifikan. Namun, APAR yang berisi bahan kimia kering dan CO2 biasanya memiliki pressure gauge karena tekanan dalam tabung ini dapat berfluktuasi berdasarkan suhu dan kondisi tabung.

Baca Juga : Mengenal Jenis APAR Serta Fungsinya

Tekanan standar pada APAR

APAR bekerja dengan menggunakan tekanan untuk mengeluarkan media pemadam dari tabung. Tekanan ini berasal dari gas Nitrogen (N2) yang da di dalam tabung yang fungsinya untuk mendorong media pemadam keluar melalui selang dan nozzle dengan cepat. Tekanan pada APAR dapat bervariasi tergantung pada jenis dan ukuran APAR itu sendiri. Secara umum, tekanan pada APAR biasanya berkisar antara 13 hingga 18 bar. Tekanan yang optimal untuk setiap jenis APAR biasanya tertera pada label atau instruksi penggunaan yang terlampir pada APAR.

Cara Membaca Jarum Tekanan APAR

Sebelum mengetahui cara mudah membaca jarum tekanan APAR, Anda perlu tahu indikator pada pressure gauge. Pada pressure gauge biasanya dibagi menjadi tiga zona:

  • Warna hijau di bagian tengah : Menunjukkan bahwa tekanan berada pada level yang aman dan APAR siap digunakan.
  • Warna merah bagian kanan  : Menunjukan menunjukkan ‘overcharged’ (terlalu penuh) 
  • Warna merah bagian kiri : Menunjukan ‘undercharged’ (kurang tekanan).

Idealnya, jarum harus berada pada zona hijau. Ini menandakan bahwa tekanan dalam tabung cukup untuk mengoperasikan APAR secara efektif.

Cara Membaca Jarum Tekanan APAR

Membaca jarum tekanan APAR sebenarnya cukup sederhana. Berikut cara mudah membaca jarum tekanan APAR:

  • Periksa Posisi Pressure Gauge: Pastikan pressure gauge terlihat jelas dan tidak tertutup oleh benda lain.
  • Lihat Posisi Jarum: Perhatikan di mana jarum tekanan berada.
  • Interpretasi Zona: Jika jarum berada di zona hijau, maka APAR dalam kondisi baik dan siap digunakan. Jika jarum berada di zona merah, sebaiknya lakukan pemeriksaan lebih lanjut, apakah perlu diisi ulang atau diganti. 

Penyebab Tekanan APAR Turun

Tekanan dalam APAR dapat turun karena beberapa alasan, di antaranya:

  • Kebocoran: Kebocoran pada tabung atau valve APAR adalah penyebab umum turunnya tekanan. Hal ini bisa terjadi karena korosi, kerusakan fisik, atau penutup yang tidak rapat.
  • Penggunaan Sebagian: Jika APAR sudah pernah digunakan, meskipun hanya sedikit, tekanan bisa berkurang. Oleh karena itu, penting untuk segera mengisi ulang APAR setelah digunakan.
  • Waktu: Seiring berjalannya waktu dan perubahan suhu, tekanan dalam tabung APAR bisa menurun secara alami. Oleh karena itu, penting untuk melakukan pemeriksaan rutin, setidaknya setiap bulan.

Mengetahui cara membaca jarum tekanan APAR adalah langkah penting untuk memastikan alat pemadam api Anda siap digunakan kapan saja saat diperlukan. Dengan memahami cara membaca pressure gauge dan mengetahui penyebab turunnya tekanan, Anda dapat menjaga APAR dalam kondisi optimal. Jangan lupa untuk selalu melakukan pemeriksaan rutin dan mengisi ulang APAR bila diperlukan.

Jual APAR Berkualitas 

PT. Velasco Indonesia Persada jual berbagai jenis dan ukuran APAR berkualitas dengan harga terjangkau, serta layanan pengisian ulang dan perawatan APAR. Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut untuk informasi produk dan penawaran APAR dari PT. Velasco Indonesia Persada.

Baca Juga : Tata Cara Menggunakan APAR

VELASCO INDONESIA PERSADA adalah distributor dan Supplier APAR di jakarta dan juga menjual Heat Detector, Fireman Life Line, Fireman Axe, Fire Blanket, Fire Hose Coupling, Smoke Detector dll, dengan pelayanan terbaik di Jakarta. Kami juga menjual alat kapal, Fireman Rubber Boots alat rigging, alat lifting, tali mooring, tali tambang, Fireman Belt, Fireman Outfit, Fire Hydrant, Fire Hose, Fire Hose Box, Fire Hose Connector, EEBD, Fireman Helmet, Fire Hose Nozzle, GPS   dll. Lihat produk kami lainnya di sini. Rantai, rigging, wire rope, alat keselamatan kapal, peralatan safety, chemical product Semua barang yang kami jual dilengkapi sertifikat dan berkualitas. Silahkan hubungi kami lewat Whatsapp (081290808833) atau 021 690 5530. Bisa juga melalui email ke [email protected] atau [email protected] Atau lihat produk kami lainnya di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *