Seperti yang Anda ketahui, tali membantu manusia dalam semua aspek kehidupan. Selain itu, sejak zaman kuno, tali ini telah digunakan sebagai alat bantu manusia. Pada awalnya, manusia membuat tali dari akar dan serat tanaman. Kemudian, seiring waktu, manusia mulai mengembangkan tali sederhana ini dengan memilin beberapa utas serat hingga menyatu menjadi satu kesatuan. Saat ini, ada banyak jenis tali yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Lalu apa saja jenis tali yang ada? Simak penjelasan jenis tali dan kegunaannya berikut!

Teknik pembuatan tali diyakini telah digunakan manusia sekitar 28.000 tahun yang lalu. Hal ini dibuktikan dengan penemuan bentuk tali di salah satu Goa di Lascaux, Perancis, dan berdiameter 7 milimeter. Diperkirakan fosil tali ini berasal dari peradaban manusia sekitar 15.000 tahun sebelum masehi.

Di zaman sekarang, manusia memiliki kebutuhan akan tali yang beragam baik untuk mempermudah pekerjaan atau dalam kehidupan sehari-hari. Namun tidak semua kebutuhan dapat dilakukan oleh satu jenis tali. Setiap jenis tali memiliki karakteristik yang disesuaikan dengan kebutuhan. Jenis tali sangat bervariasi yang dapat dibedakan menjadi dua kategori, yang pertama berdasarkan material dan yang kedua berdasarkan kegunaannya. 

Jenis Tali Berdasarkan Material Pembuatan

Yang pertama adalah jenis tali yang dibedakan berdasarkan material pembuatannya. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, hingga saat ini tali telah berevolusi termasuk dari segi material pembuatannya. Berikut jenis tali berdasarkan material pembuatannya: 

  • Tali dari material hewan atau tumbuhan (Alami)

Jenis tali dari material hewan biasanya terbuat dari bulu-bulu hewan yang digabungkan menjadi untaian tali. Tali dari hewan ini tidak memiliki kekuatan tarik ataupun angkat, maka dari itu jenis tali ini hanya digunakan untuk hiasan atau bahan pembuatan pakaian saja. Contoh tali dari material hewan yakni benang wol, tali benang sutera dll. Sementara tali yang terbuat dari material tumbuhan umumnya terbuat dari serat-serat tumbuhan tertentu yang memiliki daya tarik atau angkat. Contohnya seperti tali manila, tali rami, tali sabut kelapa dll.

Baca Juga : Perbedaan Serat Alami dan Serat Sintetis Tali Tambang

  • Tali dari material serat Sintetis 

Jenis tali ini terbuat dari material serat sintetis atau serat yang dibuat oleh manusia, dimana bahan dasarnya terbuat dari minyak bumi. Tali sintetis ini memiliki kekuatan yang lebih baik dibanding dengan tali yang terbuat dari hewan atau tumbuhan. Berikut beberapa jenis tali sintetis

  • Tali Polypropylene : Seperti namanya, tali ini terbuat dari serat sintetis yang disebut polypropylene. Jenis tali ini memiliki kekuatan yang baik sehingga sering digunakan untuk aplikasi angkat dan tarik. Selain itu, tali ini juga tahan air dan tidak mudah berlumut sehingga cocok digunakan di lingkungan berair seperti di kapal. Tali ini dibagi menjadi dua jenis yakni Tali PP Monofilament dan juga Tali PP Multifilament.
  • Tali Polyethylene : Tali ini terbuat dari serat sintetis yang disebut polyethylene. Tali ini memiliki sifat tidak memiliki nilai breaking load namun tahan terhadap air. Maka dari itu, tali ini banyak digunakan untuk kebutuhan memancing,  mengikat, perkebunan dan juga perikanan.
  • Tali Polyester : Jenis tali ini terbuat dari serat polyester yang dikenal memiliki kekuatan yang lebih dari pada serat polypropylene. Jeni tali ini banyak digunakan dalam berbagai bidang industri terutama dalam aplikasi  tarik, rigging dock, blocking dan aplikasi rumah tangga.
  • Tali Nilon : Tali ini terbuat dari serat nilon yang memiliki karakteristik lebih kuat dari pada tali yang terbuat dari serat polypropylene. Karena kekuatan nya ini, tali nilon umumnya digunakan untuk aplikasi angkat dan tarik yang lebih ekstrim. 
  • Tali dari material baja 

Jenis tali yang terakhir yakni tali yang dibuat dari kawat baja atau yang disebut dengan wire rope. Jenis tali ini merupakan tali yang paling kuat, hal ini karena material baja yang dikenal kuat dan kerat. Jadi gak heran kalau wire rope sangat diandalkan untuk aplikasi angkat maupun tarik benda dalam bobot dan ukuran yang berat. 

Jenis tali Berdasarkan Kegunaanya 

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, setiap jenis tali memiliki karakteristik masing-masing. Jadi tidak mungkin jika satu jenis tali digunakan untuk berbagai kebutuhan. Ada beberapa aplikasi yang memerlukan tali dengan spesifikasi khusus. Berikut ini beberapa jenis tali berdasarkan kegunaanya: 

  • Tali untuk aplikasi angkat

Jenis tali ini  umumnya digunakan untuk mengangkat beban dengan berat dan ukuran yang besar di berbagai industri seperti perkapalan, cargo dan lainnya. Jenis tali yang digunakan untuk aplikasi angkat ini umumnya memiliki nilai breaking load yang tinggi seperti tali polypropylene (PP), tali nilon dan tali baja (wire rope). 

  • Tali untuk aplikasi menarik 

Seperti namanya jenis tai ini diperuntukan untuk aplikasi menarik beban. Umumnya dilakukan pada industri perkapalan, cargo dll. Jenis tali yang biasa digunakan untuk aplikasi tarik ini adalah tali  tali polyester dan tali baja (wire rope). 

  • Tali untuk aplikasi mengikat

Jenis tali yang terakhir adalah jenis tali yang digunakan untuk aplikasi mengikat beban. Pada aplikasi ini umumnya menggunakan jenis Tali Polyethylene (Tali PE), Tali Manila dan Tali Polyester. 

Demikian penjelasan mengenai jenis tali dan kegunaannya. Dengan mengetahui jenis-jenis tali , diharapkan Anda dapat memilih tali yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan kegunaannya sehingga dapat mengurangi resiko kecelakaan kerja. Jika Anda membutuhkan tali untuk berbagai kebutuhan, Anda bisa mendapatkannya di PT. Velasco Indonesia. Sebagai distributor kami menjual berbagai macam jenis tali berkualitas dengan harga terbaik. Untuk informasi lebih lanjut silahkan kunjungi website kami www.velascoindonesia.com atau menghubungi tim kami melalui whatsapp atau email.  

Baca Juga : Jual Berbagai Jenis Tali Tambang Kualitas Terbaik

VELASCO INDONESIA PERSADA adalah distributor dan Supplier Tali Tambang di jakarta dan juga menjual Tali PE, Tali PP Multifilament dll, dengan pelayanan terbaik di Jakarta. Kami juga menjual alat kapal, Tali PP Monofilament, Tali Manila, Tali Megaflex  Lihat produk kami lainnya di sini. Rantai, rigging, wire rope, alat keselamatan kapal, peralatan safety, chemical product Semua barang yang kami jual dilengkapi sertifikat dan berkualitas. Silahkan hubungi kami lewat Whatsapp (081290808833) atau 021 690 5530. Bisa juga melalui email ke info@velascoindonesia.com atau sales@velascoindonesia.com Atau lihat produk kami lainnya di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *