Setiap kapal membutuhkan beragam jenis tali untuk beragam keperluan. Mulai dari keperluan ringan seperti mengikat barang, hingga yang berat seperti untuk menambatkan kapal. PT Velasco Indonesia Persada jual tali kapal berbagai jenis terlengkap dengan harga terjangkau di Jakarta.

Sebelum mencari distributor atau reseller yang jual tali kapal, ada baiknya terlebih dahulu kalian mengenal jenis-jenis tali kapal yang dipasarkan secara umum. Tali yang digunakan di kapal beragam mulai dari tali tambang hingga tali baja. Tali tambang pun terbagi lagi jadi beberapa jenis. Berikut ini detailnya.

Tali Manila

Tali manila sering disebut juga dengan abaca atau musa textilis. Tali ini bisa dibilang jenis tali terbaik untuk dipakai sehari-hari di kapal. Sifat dan tekstur tali ini kuat, lentur, tahan lama dan mudah digunakan. Tali ini cukup tahan air laut. Breaking-load nya juga cukup tinggi. Seperti tali dengan diameter 6 inci atau 2 inci dapat memiliki breaking-load hingga 16 ton. Tali ini juga dapat merenggang kurang lebih 25% dari panjang aslinya.

Tali Nilon

Tali nilon dikenal dengan kekuatannya saat digunakan di kapal. Tali tambang ini mampu merenggang sepanjang 10% dari panjang aslinya. Tidak bisa sepanjang tali manila sebab tali ini terbuat dari serat sintetis. Tali ini memiliki tekstur dan sifat yang licin, ringan, cukup tahan gesekan dan tahan air laut. Namun, karena terbuat dari bahan sintetis tali ini memiliki kelemahan. Kelemahannya yaitu tali ini rentan terhadap bahan kimia seperti jenis asam-asam kimia seperti acid dan alkali.

Tali PP

Tali polypropylene ini terbagi lagi jadi dua yaitu tali PP monofilament dan multifilament, yang membedakan adalah ukuran serat dan proses produksinya. Tali PP memiliki karakter permukaan yang agak kasar, namun tidak menyerap air sehingga bisa mengambang di air. Sama seperti nilon, ia juga tidak tahan terhadap bahan kimia.

Tali PE

Tali polyethylene terbuat dari serat sintetis jenis polyethylene (tali PE). Tali ini sangat fleksibel, tahan sinar matahari, serta dapat mengambang di air. Tali PE lebih kuat dalam kondisi basah dan bisa tahan terhadap beberapa bahan kimia tertentu.

Tali Baja (Wire Rope)

Lebih dikenal dengan nama wire rope. Tali yang satu ini terbuat dari kawat baja yang dipilin berkali-kali mengelilingi core dengan struktur tertentu sehingga menghasilkan sebuah tali yang sangat kuat. Wire rope termasuk dalam salah satu alat rigging yang diandalkan untuk mengangkat barang-barang berat.

 

VELASCO INDONESIA PERSADA adalah distributor alat kapal seperti tali tambang, (tali manila, tali nilon, tali PE dan tali PP) wire rope sling, webbing sling, chain sling, dll, dengan pelayanan terbaik di Jakarta.

Kami juga merupakan distributor alat rigging, alat safety kapal, alat lifting, dll. Lihat produk kami lainnya di sini. Semua barang yang kami jual dilengkapi sertifikat dan berkualitas. Silahkan hubungi kami lewat Whatsapp atau (021) 690 530 atau email ke info@velascoindonesia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *