Jangkar dan kapal merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Peranan jangar sangatlah penting bagi sebuah kapal. Jangkar adalah alat yang digunakan untuk menambatkan kapal supaya tidak bergerak dan tetap dalam posisinya. Komponen Pada Sistem Jangkar Kapal

Jangkar digunakan saat kapal ingin bersandar di pelabuhan atau saat bongkar muat barang. Selama proses penambatan atau anchoring, jangkar yang memiliki berat dan bentuk khusus dijatuhkan ke dasar laut untuk mencegah gerak kapal dari gelombang atau arus laut. Agar proses anchoring kapal berjalan lancar, ada beberapa peralatan pendukung yang menjadi satu kesatuan dalam sistem jangkar kapal.

Berikut adalah beberapa peralatan yang saling terhubung dalam sistem jangkar kapal: 

  1. Jangkar kapal (Anchor): Jangkar kapal memiliki bentuk dan ukuran berbeda. Jangkar akan di turunkan ke dasar laut supaya kapal tidak bergerak dan tetap dalam posisinya. 
  2. Rantai kapal (Anchor chain): Rantai kapal merupakan alat yang menghubungkan jangkar dan windlass (mesin jangkar). Rantai jangkar tersusun dari beberapa aksesoris jangkar seperti kenter shackle, swivel atau kili-kili, anchor shackle.  
  3. Tabung Jangkar (Hawse Pipe): Lubang Hawse Pipe adalah pipa yang menghubungkan rumah jangkar ke geladak. Dirancang untuk membuat jangkar mudah masuk atau keluar, lubang dibuat dengan lengkungan yang cukup untuk mengurangi gesekan.
  4. Bak Rantai Jangkar (Chain Locker): Chain locker merupakan tempat menyimpan rantai jangkar. Dimana posisi alat ini berada  didalam lambung kapal yang terletak di depan collision bulkhead dan di atas forepeak tank.
  5. Tabung rantai jangkar (Chain Pipe) : Chain pipe terletak di antara windlass dan chain locker. Dimana chain pipe berfungsi sebagai tempat untuk meluruskan atau merapikan rantai jangkar sebelum masuk ke chain locker. 
  6. Mesin Jangkar (Windlass): Windlass mesin yang berfungsi sebagai alat untuk menurunkan dan menarik jangkar saat proses anchoring. 
  7. Rem Rantai Jangkar (Chain Stopper) : Seperti namanya chain stopper berfungsi untuk menahan rantai jangkar ketika selesai dinaikan dari atas air. Chain stopper terpasang pada windlass. 

Peranan jangkar tidak hanya sampai pada sistem jangkar saja. Namun saat proses penurunan jangkar kapal yang tidak boleh dilakukan sembarangan. Awak kapal harus mengatur kecepatan dan menyesuaikan arus laut. Hal ini sangat penting Komponen Pada Sistem Jangkar Kapal, sebab saat jangkar menyentuh laut akan ada arus laut yang akan memberikan dorongan kepada jangkar dan rantai jangkar sehingga membuat jangkar dapat tersangkut di permukaan laut dengan sempurna. 

Jika Anda membutuhkan jangkar kapal, kami juga menyediakan jangkar kapal dan aksesoris rantai kapal sesuai dengan kebutuhan Anda. Segera hubungi marketing kami dan dapatkan penawaran serata pelayanan terbaik dari kami. 

Baca Juga : Cara Memasang Jangkar Kapal 

VELASCO INDONESIA PERSADA adalah distributor dan Supplier Jangkar kapal di jakarta dan juga menjual  Kenter Shackle, Joining Shackle, Swivel Piece, Anchor Chain, Anchor Shackle, Anchor Stockless dll, dengan pelayanan terbaik di Jakarta. Kami juga menjual alat kapal, Lihat produk kami lainnya di sini. Rantai, rigging, wire rope, alat keselamatan kapal, peralatan safety, chemical product Semua barang yang kami jual dilengkapi sertifikat dan berkualitas. Silahkan hubungi kami lewat Whatsapp (081290808833) atau 021 690 5530. Bisa juga melalui email ke info@velascoindonesia.com atau sales@velascoindonesia.com Atau lihat produk kami lainnya di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *