TNI Angkatan Laut (AL) memiliki alat sistem persenjataan baru yakni berupa kapal selam KRI Alugoro-405.  Kapal selam ini resmi menjadi Alutsista TNI AL setelah diresmikan oleh menteri pertahan Prabowo Subianto  di PT Pal Surabaya pada Maret 2021 lalu. KRI Alugoro-405 merupakan kapal selam pertama rakitan Indonesia. yuk kita Mengenal KRI Alugoro 405 Kapal Selam Pertama Rakitan Indonesia

KRI Alugoro-405 adalah kapal selam pertama yang dikerjakan secara mandiri oleh anak Indonesia yakni  PT PAL Indonesia yang bekerjasama dengan produsen kapal asal Korea Selatan, Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering (DSME). Nama Alugoro sendiri diambil dari salah satu nama senja yang dimiliki oleh  Prabu Baladewa yang merupakan salah satu tokoh pewayangan.

KRI Alugoro-405 termasuk dalam jenis kapal selam Diesel Electric Submarine U209. Kapal selam ini memiliki spesifikasi panjang 61,3 meter dengan berat mencapai 1.595 ton. Untuk kecepatan di dalam air mencapai  21 knot dan kecepatan diatas permukaan 12 knot. KRI Alugoro-405 mampu berlayar lebih dari 50 hari dengan kapasitas daya angkut lebih dari 40 kru. 

Kapal selam Alugoro juga telah menjalani berbagai pengujian seperti pengujian Harbour Acceptance Test (HAT) dan Sea Acceptance Test (SAT). Pada pengujian SAT, kapal ini mampu menyelam hingga mencapai ke dalam 250 meter di bawah laut. Selain itu, kapal ini juga diklaim memiliki life time atau usia pakai hingga 30 tahun. 

KRI Alugoro-405 juga dilengkapi oleh sejumlah persenjataan canggih yang dapat membantu TNI AL dalam mengamankan laut Indonesia. Kapal selam ini telah dibekali dengan torpedo Black Shark generasi terbaru dari Whitehead Alenia Sistemi Subacquei. Torpedo ini memiliki panjang  3,6 meter dan 55,3 sentimeter yang mampu mengejar target hingga 50 km. 

Kelebihan KRI Alugoro-405 lainnya adalah sistem navigasi yang dimiliki. Kapal ini telah dilengkapi dengan teknologi radar Naval Combat Management MSI-90U Mk2. Teknologi tersebut merupakan teknologi radar terbaru yang digunakan untuk melihat kondisi di dalam laut. Dimana gelombang ultrasonik yang dipantulkan oleh radar ini akan menghasilkan data dalam bentuk tiga dimensi. gimana setelah Mengenal KRI Alugoro 405 Kapal Selam Pertama Rakitan Indonesia keren kan

Alat navigasi kapal seperti radar merupakan perangkat yang sangat penting bagi operasional kapal selam. Dengan alat navigasi kapal selam dapat menyelam dengan lancar di dalam air. Bagi Anda yang membutuhkan alat navigasi kapal, Anda dapat menghubungi kami. Kami menjual berbagai alat navigasi kapal berkualitas dengan harga terbaik. 

Baca Juga : Jual Radar Alat Navigasi Kapal Terbaru

VELASCO INDONESIA PERSADA adalah distributor dan Supplier Alat Navigasi marine di jakarta dan juga menjual  ICOM, SAMYUNG, MOTOROLA, FURUNO, SHAKESPEARE dll, dengan pelayanan terbaik di Jakarta. Kami juga menjual alat kapal, Lihat produk kami lainnya di sini. Rantai, rigging, wire rope, alat keselamatan kapal, peralatan safety, chemical product Semua barang yang kami jual dilengkapi sertifikat dan berkualitas. Silahkan hubungi kami lewat Whatsapp (081290808833) atau 021 690 5530. Bisa juga melalui email ke info@velascoindonesia.com atau sales@velascoindonesia.com Atau lihat produk kami lainnya di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *