Untuk memastikan kapal dapat berlayar dengan aman dan efisien dari satu tempat ke tempat lainnya, Mengenal Sarana Bantu Navigasi Pelayaran dan Fungsinya navigasi adalah salah satu komponen penting dalam pelayaran. Keberadaan Sarana Bantu Navigasi Pelayaran (SBNP) sangat penting dalam proses ini karena sarana ini membantu navigator kapal menemukan posisi, arah, dan jalur yang tepat selama pelayaran. Berbagai jenis SBNP telah muncul sebagai hasil dari kemajuan teknologi. Artikel ini akan membahas lebih lanjut tentang berbagai macam Sarana Bantu Navigasi Pelayaran (SBNP) dan fungsinya.

Sarana bantu navigasi pelayaran  (SBNP) adalah perangkat atau sistem yang digunakan untuk membantu navigator kapal dalam menentukan posisi, arah, dan jalur yang tepat selama pelayaran. Sarana ini tidak hanya membantu dalam menentukan lokasi kapal tetapi juga memberikan informasi penting tentang kondisi lingkungan dan potensi bahaya di sekitar.

Baca Juga : Fungsi dan Jenis Alat Navigasi Kapal

Jenis Sarana Bantu Navigasi Pelayaran (SBNP)

Sarana Bantu Navigasi Pelayaran (SBNP) terbagi menjadi tiga kategori utama yaitu SBNP visual, SBNP elektronik, dan SBNP audio, serta menjelaskan fungsi dan aplikasinya masing-masing. Berikut penjelasanya: 

1. SBNP Visual 

Sesuai namanya, SBNP visual adalah alat navigasi yang digunakan sebagai tanda visual yang dapat dilihat. Tanda-tanda ini dapat berupa angka, huruf, bangunan, atau warna.Dalam kebanyakan kasus, SBNP visual ditempatkan di wilayah atau lautan yang diperlukan. Selain itu, SBNP visual dapat membantu awak dan penumpang kapal dalam situasi darurat seperti terdampar. Berikut beberapa jenis SBNP Visual : 

  • Mercusuar : Mercusuar adalah struktur tinggi yang dibangun di tepi pantai atau pulau-pulau kecil. Fungsi utama mercusuar adalah memberikan sinyal cahaya yang bisa dilihat dari jauh, membantu kapal menghindari bahaya seperti karang atau tebing. Selain sinyal cahaya, mercusuar juga sering dilengkapi dengan sinyal suara untuk membantu navigasi dalam kondisi kabut tebal.
  • Rambu Suar : Rambu suar adalah tanda tetap yang biasanya dipasang di daratan atau di perairan dangkal. Rambu suar memberikan panduan visual kepada navigator dengan menunjukkan posisi tertentu yang harus diperhatikan, seperti jalur masuk pelabuhan atau batas perairan berbahaya. Rambu suar sering kali dilengkapi dengan lampu yang berkelap-kelip pada malam hari atau dalam kondisi cuaca buruk untuk meningkatkan visibilitas.
  • Pelampung Suar : Pelampung suar adalah perangkat apung yang ditempatkan di perairan untuk menandai rute navigasi, batas perairan, atau lokasi bahaya tertentu. Pelampung ini sering dilengkapi dengan lampu suar untuk meningkatkan visibilitas pada malam hari. Selain itu, pelampung suar juga dapat dilengkapi dengan radar reflectors untuk meningkatkan deteksi oleh radar kapal.
2. SBNP Elektronik 

Berbeda dengan SBNP visual, SBNP elektronik ditempatkan di atas kapal dan termasuk dalam alat navigasi kapal, dan digunakan untuk menentukan arah baringan dan posisi kapal saat terjadi situasi bahaya. SBNP elektronik memberikan informasi secara elektronik atau melalui gelombang radio/ elektromagnetik. Berikut Beberapa jenis SBNP elektronik: 

  • GPS (Global Positioning System) : GPS adalah sistem yang menggunakan satelit untuk memberikan informasi posisi yang sangat akurat kepada pengguna di mana saja di dunia. Dalam navigasi pelayaran, GPS membantu kapal menentukan posisi dan kecepatan mereka dengan presisi, yang kritikal untuk navigasi yang aman.
  • Radar : Radar digunakan untuk mendeteksi objek seperti kapal lain, benda terapung, atau bahkan cuaca buruk dari jarak jauh. Ini membantu dalam menghindari tabrakan dan navigasi di perairan yang padat atau dalam kondisi visibilitas yang buruk.
  • AIS (Automatic Identification System) : AIS adalah sistem pelacakan otomatis yang memungkinkan kapal untuk saling bertukar data seperti identitas, posisi, kecepatan, dan informasi jalur pelayaran. Ini meningkatkan keselamatan dengan membantu kapal memantau satu sama lain dan mengkoordinasikan pergerakan mereka di laut.
  • Peta Laut Elektronik dan Sistem Informasi Navigasi (ECDIS) : ECDIS adalah sistem berbasis komputer yang menampilkan informasi navigasi dan peta laut secara digital. Sistem ini memungkinkan navigator untuk merencanakan jalur, memantau posisi kapal, dan melihat informasi navigasi terkini, menggabungkan data dari berbagai sumber seperti radar dan GPS.
3. SBNP Audio 

SBNP audio menggunakan bunyi-bunyian untuk memberikan informasi darurat. Ini biasanya digunakan dalam situasi bahaya di mana SBNP tidak dapat dilihat dalam jarak pandangan terbatas, seperti berkabut, atau di lokasi yang tidak dapat dilihat secara visual. 

  • Lonceng : Lonceng digunakan sebagai sinyal audio dalam kondisi visibilitas rendah, seperti kabut tebal atau malam hari. Lonceng biasanya ditempatkan di kapal atau di darat dekat pelabuhan untuk memberikan tanda peringatan kepada kapal yang mendekat. Suara lonceng yang khas membantu navigator mengidentifikasi lokasi kapal atau objek lain di sekitarnya.
  • Sirine : Sirine adalah perangkat yang menghasilkan suara keras dan melengking untuk memberikan peringatan kepada kapal lain. Sirine sering digunakan dalam kondisi darurat atau untuk menarik perhatian dalam situasi berbahaya. Sirine juga dapat digunakan di pelabuhan untuk menandai waktu tertentu, seperti waktu bongkar muat atau peringatan cuaca buruk.

Fungsi Sarana Bantu Navigasi Pelayaran (SBNP)

Berikut beberapa fungsi Sarana Bantu Navigasi Pelayaran (SBNP) bagi navigasi kapal:

  • Keselamatan Pelayaran Fungsi utama dari sarana bantu navigasi adalah meningkatkan keselamatan pelayaran. Dengan memberikan informasi yang akurat tentang posisi kapal, rute yang aman, dan potensi bahaya di sekitar, sarana bantu navigasi membantu mencegah kecelakaan dan insiden di laut.
  • Efisiensi Operasional Selain keselamatan, sarana bantu navigasi juga berperan penting dalam meningkatkan efisiensi operasional kapal. Dengan bantuan teknologi seperti GPS dan ECDIS, kapal dapat merencanakan rute yang paling efisien, menghemat bahan bakar, dan mengurangi waktu pelayaran.
  • Komunikasi dan Koordinasi Sarana bantu navigasi juga membantu dalam komunikasi dan koordinasi antara kapal dan otoritas pelabuhan. Sistem seperti AIS memungkinkan kapal untuk berbagi informasi posisi dan pergerakan dengan kapal lain dan stasiun pantai, yang penting untuk menghindari tabrakan dan mengatur lalu lintas maritim.
  • Pemantauan Lingkungan Beberapa sarana bantu navigasi juga dilengkapi dengan sensor lingkungan yang dapat memantau kondisi cuaca, arus laut, dan parameter lainnya. Informasi ini penting untuk perencanaan pelayaran yang aman dan dapat membantu kapal menghindari kondisi cuaca buruk atau perairan yang berbahaya.

Sarana Bantu Navigasi Pelayaran (SBNP) adalah komponen penting dalam menjaga keselamatan dan efisiensi di laut. Dari mercusuar dan pelampung suar hingga radar dan GPS, setiap perangkat memiliki peran kritis dalam membantu navigator menentukan posisi, menghindari bahaya, dan merencanakan rute yang aman dan efisien. Dengan perkembangan teknologi, Mengenal Sarana Bantu Navigasi Pelayaran dan Fungsinya sarana bantu navigasi terus berkembang, menawarkan solusi yang lebih canggih dan terintegrasi untuk tantangan navigasi modern. Oleh karena itu, pemahaman yang baik dan penggunaan yang tepat dari sarana bantu navigasi adalah hal yang wajib bagi setiap navigator di dunia pelayaran.

Jual Alat Navigasi Kapal 

PT. Velasco Indonesia Persada merupakan salah satu distributor alat kapal yang menjual berbagai jenis alat navigasi kapal berkualitas. Kami menjual alat navigasi kapal dari berbagai merek ternama seperti : Samyung, ICOM, Thuraya, Furuno, Iridium dan Motorola

Baca Juga : Jual GPS Untuk Kapal Berkualitas

VELASCO INDONESIA PERSADA adalah distributor dan Supplier Alat Navigasi marine di jakarta dan juga menjual  ICOM, SAMYUNG, MOTOROLA, FURUNO, SHAKESPEARE dll, dengan pelayanan terbaik di Jakarta. Kami juga menjual alat kapal, Lihat produk kami lainnya di sini. Rantai, rigging, wire rope, alat keselamatan kapal, peralatan safety, chemical product Semua barang yang kami jual dilengkapi sertifikat dan berkualitas. Silahkan hubungi kami lewat Whatsapp (081290808833) atau 021 690 5530. Bisa juga melalui email ke [email protected] atau [email protected] Atau lihat produk kami lainnya di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *