Dalam industri maritim, berbagai jenis peralatan dan perlengkapan digunakan untuk memastikan keamanan dan efisiensi operasi. Salah satu komponen penting dalam hal ini adalah shackle. Shackle adalah alat penghubung yang digunakan untuk menyambungkan rantai, tali, dan peralatan lainnya. Dua jenis shackle yang sering digunakan dalam aplikasi maritim adalah anchor shackle dan joining shackle. Meskipun keduanya berfungsi sebagai alat penghubung, mereka memiliki perbedaan yang signifikan dalam hal desain, fungsi, dan aplikasi. Artikel ini akan membahas perbedaan antara anchor shackle dan joining shackle dalam aplikasi maritim.

Pengertian Anchor Shackle dan Joining Shackle

Anchor Shackle biasanya dikenal dengan bentuknya yang berupa huruf “D” atau bulat. Ini dirancang untuk menahan beban berat dan sering digunakan dalam aplikasi penambatan dan pengangkatan. Ciri khas dari anchor shackle adalah pinnya yang tebal, yang bisa berupa baut atau pin yang dikunci dengan mur. Kekuatan dan durabilitasnya membuat anchor shackle menjadi pilihan ideal untuk menahan beban statis dan dinamis yang signifikan.

Sebaliknya, Joining Shackle dirancang untuk menghubungkan dua tali atau rantai bersama-sama. Bentuknya sama seperti huruf “D’ namun lebih panjang dibandingkan anchor shackle dan seringkali memiliki pin yang lebih kecil. Joining shackle umumnya digunakan untuk aplikasi yang membutuhkan fleksibilitas tinggi dalam penghubungan dan penyesuaian cepat.

Baca Juga : Mengenal Fungsi Kenter Shackle Kapal

Perbedaan Utama Antara Anchor Shackle dan Joining Shackle

Berikut ini perbedaan anchor shackle dan joining shackle dalam aplikasi maritim: 

1. Fungsi dan Penggunaan
  • Anchor Shackle digunakan secara khusus untuk menghubungkan anchor (jangkar) kapal dengan rantai atau tali kapal. Anchor shackle harus mampu menahan tekanan besar yang terjadi saat kapal berada di bawah pengaruh angin, arus laut, atau gelombang besar.
  • Joining Shackle lebih umum digunakan untuk mengikat atau menghubungkan antara rantai jangkar yang satu dengan rantai jangkar lainnya atau antara rantai jangkar dengan aksesoris jangkar lain.
2. Desain

Baik anchor shackle ataupun joining shackle memiliki desain yang sama yakni berbentuk D yang saat dibuka terdiri dari dua komponen yakni U dan I sebagai penguncinya. Perbedaan pada anchor shackle memiliki ukuran yang lebih besar sedangkan joining shackle lebih kecil dan lebih ramping. 

3. Kekuatan dan Ketahanan

Kedua jenis shackle ini dirancang untuk memiliki kekuatan yang tinggi, namun anchor shackle biasanya memiliki rating beban yang lebih tinggi dibandingkan dengan joining shackle, karena sifat aplikasinya yang lebih kritis dalam menjaga keamanan kapal di titik anchor.

Itulah perbedaan anchor shackle dan joining shackle dalam aplikasi maritim. Pemilihan shackle yang tepat sangat penting untuk memastikan keselamatan dan efisiensi dalam aplikasi maritim. 

Jual Anchor Shackle dan Joining Shackle 

PT. Velasco Indonesia Persada merupakan distributor alat kapal yang menyediakan berbagai jenis shackle berkualitas, termasuk anchor shackle dan joining shackle. Dengan pengalaman bertahun-tahun dalam industri maritim, PT. Velasco Indonesia Persada memahami pentingnya memilih peralatan yang tepat untuk memastikan keselamatan dan efisiensi operasi. Perusahaan ini menawarkan berbagai shackle dengan berbagai ukuran dan kapasitas beban, sesuai dengan kebutuhan spesifik pelanggan. Hubungi tim kami segera dan dapatkan penawaran serta pelayanan terbaik dari kami. 

Baca Juga : Jual Joining Shackle Aksesoris Jangkar Kapal

VELASCO INDONESIA PERSADA adalah distributor dan Supplier Aksesoris Jangkar di jakarta dan juga menjual  Kenter Shackle, Joining Shackle, Swivel Piece, Anchor Chain, Anchor Shackle, Anchor Stockless dll, dengan pelayanan terbaik di Jakarta. Kami juga menjual alat kapal, Lihat produk kami lainnya di sini. Rantai, rigging, wire rope, alat keselamatan kapal, peralatan safety, chemical product Semua barang yang kami jual dilengkapi sertifikat dan berkualitas. Silahkan hubungi kami lewat Whatsapp (081290808833) atau 021 690 5530. Bisa juga melalui email ke [email protected] atau [email protected] Atau lihat produk kami lainnya di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *