Eye bolt merupakan salah satu jenis alat rigging yang umum digunakan untuk industri angkat berat seperti bidang konstruksi, transportasi, dan manufaktur. Alat ini memiliki fungsi yang sangat penting dalam aplikasi pengangkatan dan pengamanan beban. Namun sayangnya, masih banyak yang belum mengetahui cara memasang eye bolt dengan benar. Pemasangan eye bolt yang salah dapat mempengaruhi fungsi eye bolt dan membahayakan pengguna. Oleh karena itu, agar hal tersebut tidak terjadi pengguna harus mengetahui petunjuk dan pemasangan eye bolt yang benar. 


Eye bolt adalah alat rigging yang berbentuk seperti mur dan memiliki ulir. Eye bolt digunakan sebagai alat untuk menghubungkan benda yang diangkat dengan sling sebelum proses pengangkatan. Alat ini umumnya digunakan untuk mengangkat beban yang tidak memiliki lubang kait, seperti besi dan barang balok kayu. 

Eye bolt terdiri dari dua bagian yakni bagian ulir dan mata yang berbentuk lingkaran. Bagian ulir pada eye bolt digunakan untuk menancapkan eye bolt ke beda yang akan diangkat. Sedang Bagian matanya digunakan sebagai lubang pengait antara barang yang akan diangkat dengan alat angkat seperti hook, shackle atau sling. Jadi eye bolt harus memiliki kekuatan angkat yang baik untuk dapat mengangkat beban dengan kiat. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kekuatan angkat eye bolt yakni: 

  • Ukuran dan material eye bolt : Eye bolt yang terbuat dari baja tentunya lebih kuat dibanding yang terbuat dari stainless steel. Karena itu, eye bolt yang sering digunakan adalah yang terbuat dari baja. Eye bolt juga memiliki ukuran yang bervariasi yakni mulai dari 6 mm – 64 mm. Untuk ukurannya ini tergantung pada kebutuhan di lapangan. 
  • Sudut angkat : Eye bolt hanya dapat digunakan untuk mengangkat beban dengan sudut angkat sampai 45 derajat saja. Semakin besar sudut angkat (semakin mendekati 45 derajat) maka akan semakin berkurang kekuatan angkat dari eye bolt.

Petunjuk dan pemasangan eye bolt yang benar

Sebelum menggunakan eye bolt untuk aplikasi lifting, ada baiknya Anda mengetahui tentang petunjuk dan pemasangan eye bolt yang benar untuk menghindari kecelakaan kerja. Berikut beberapa poin petunjuk dan pemasangan eye bolt yang benar: 

  • Jangan menggunakan eye bolt dengan working load limit (WLL) yang sama dengan berat beban yang akan diangkat. Eye bolt memiliki nilai WWL yang tercantum di kemasan. Dimana nilai WWL yang tercantum di kemasan ini akan berkurang saat digunakan (akan berkurang sekitar 25 – 30% dari WWL di kemasan). 
  • Untuk pengangkatan lurus, WLL eye bolt akan dikurangi 25%, dan untuk pengangkatan bersudut, WLL-nya akan dikurangi 30%. Namun, ada juga beberapa distributor yang sudah mencantumkan WLL eye bolt yang sudah dikurangi untuk aplikasi pengangkatan bersudut dan lurus. 
  • Untuk pengangkatan bersudut Anda dapat menggunakan eye bolt tipe shoulder pattern. Sedangkan untuk pengangkatan lurus Anda dapat gunakan  eye bolt tipe plain pattern. Namun perlu diingat, jangan gunakan  eye bolt tipe plain pattern ini untuk pengangkatan bersudut. 
  • Ketika melakukan pengangkatan dengan eye bolt, pastikan sling yang digunakan untuk mengangkat harus sejajar dengan arah lekuk mata eye bolt. 
  • Sudut angkat untuk eye bolt tipe shoulder pattern yakni 45 derajat. 
  • Satu sling tidak boleh digunakan untuk mengangkat beban yang menggunakan dua eye bolt sehingga membentuk segitiga seperti di bawah : 

eye bolt Petunjuk dan Pemasangan Eye Bolt

  • Jika ketebalan beban yang akan diangkat lebih panjang dari panjang ulir eye bolt, maka Anda dapat menggunakan baut untuk mengunci ulir eye bolt dari bagian luar. Namun jika ketebalan beban yang akan diangkat sama atau kurang dari ulir eye bolt, Maka Anda dapat menggunakan dua baut untuk mengunci ulir dari bagian dalam dan luar eye bolt. 

Petunjuk dan Pemasangan Eye Bolt

  • Jika benda yang akan diangkat terbuat dari besi dan lubang ulirnya tidak tembus sampai ke bawah, ketebalan benda yang akan diangkat harus 1,5 kali diameter mata ulir. Sedangkan, jika benda terbuat dari alumunium dan lubang ulirnya tidak tembus sampai ke bawah, ketebalan benda yang akan diangkat harus 2,5 kali diameter mata ulir.

eye bolt

Demikian penjelasan mengenai petunjuk dan pemasangan eye bolt yang benar. Dengan mengetahui informasi ini diharapkan Anda dapat memasang eye bolt sesuai dengan prosedur yang benar sehingga dapat meminimalisir resiko kecelakaan kerja. Bagi Anda yang membutuhkan eye bolt untuk kebutuhan lifting, Anda dapat langsung mengunjungi website kami di www.velascoindonesia.com atau menghubungi tim kami melalui whatsapp atau email. 

Baca Juga : Jual Eye Bolt Alat Rigging Berkualitas

VELASCO INDONESIA PERSADA adalah distributor dan Supplier Eye Bolt di jakarta dan juga menjual  Clevis Grab Hook, Eye Bolt, Spelter Socket, Swivel Shur Loc Hook, Eye Hook ,Hammerlock, Ratchet Load Binder, Master Link Assembly, Shackle, Thimble Heavy Duty, Turnbuckle, Swivel, Wire Clip, Rachet, Webbing Sling, Lever Block, Chain Block dll, dengan pelayanan terbaik di Jakarta. Kami juga menjual alat kapal, Lihat produk kami lainnya di sini. Rantai, rigging, wire rope, alat keselamatan kapal, peralatan safety, chemical product Semua barang yang kami jual dilengkapi sertifikat dan berkualitas. Silahkan hubungi kami lewat Whatsapp (081290808833) atau 021 690 5530. Bisa juga melalui email ke info@velascoindonesia.com atau sales@velascoindonesia.com Atau lihat produk kami lainnya di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *