Mungkin sebagian dari Anda sudah familiar dengan tali tampar dan tali manila. Kedua jenis tali tambang ini sering sekali digunakan untuk berbagai kegiatan dalam sehari-hari seperti untuk mengikat, mengangkat atau menarik benda. Lantas apa perbedaan keduanya. Berikut ini kami akan menjelaskan perbedaan tali tampar VS Tali Manila. 

Sebenarnya untuk membedakan tali tampar dan manila dapat dilihat dari material pembuatannya. Dimana tali tampar terbuat dari serat sintetis sedangkan tali manila terbuat dari serat alami. Maka dari itu, orang banyak menyebut keduanya dengan tali sintetis dan tali alami. 

Seperti yang disebutkan sebelumnya, tali tampar merupakan salah satu jenis tali yang terbuat dari serat sintetis atau buatan. Serat yang digunakan untuk pembuatan tali ini adalah serat polyethylene, maka dari itu tali ini juga sering disebut dengan nama tali PE. Umumnya tali ini digunakan untuk mengikat barang pada industri kargo. 

Sedangkan tali manila adalah jenis tali yang terbuat dari serat alami yakni serat pohon abaca. Pohon abaca sendiri merupakan jenis pohon pisang-pisangan yang tumbuh di Filipina. Tali ini sudah digunakan sejak lama dan sekarang umumnya digunakan untuk dekorasi.  

Perbedaan Tali Tampar VS Tali Manila

Tali Tampar  Tali Manila 
Material Terbuat dari bahan sintetis yakni dari serat polyethylene. Terbuat dari serat alami dari pohon abaca
Kekuatan  Karena terbuat komposisi bahan pembuatan yang dapat dirancang khusus sehingga dapat memiliki kekuatan yang lebih besar. Untuk kekuatan tali tampar bisa mencapai 20-50% lebih besar dari tali manila.    Memiliki kekuatan yang lebih lemah daripada tali tampar. Hal ini karena komposisi pembuatan tali manila tidak dapat ditambahkan dengan bahan lainnya. 
Daya Tahan  Tali ini tidak tahan terhadap suhu panas, jadi lebih cocok digunakan di lingkungan basah atau lembab. Selain itu tali ini juga tahan terhadap pembusukan, jamur dan abrasi.  Tali manila lebih cocok digunakan di lingkungan dengan suhu tinggi. Hal ini karena tali manila tahan terhadap panas terkecuali langsung terkena api. Tali ini tidak dapat digunakan di area lembab karena rentang mengalami pembusukan yang dapat mengurangi kekuatannya. 
Penggunaan  Tali ini umumnya digunakan untuk mengikat kargo. Hal ini karena tali tampar memiliki kekuatan yang lebih baik dari tali manila.  Karena terbuat dari bahan alami, membuat tali manila memiliki tampilan yang lebih menarik dibanding jenis tali lainnya. Karena itu tali ini sering digunakan untuk dekorasi.  Selain itu tali ini juga tahan terhadap berbagai cuaca sehingga sering digunakan untuk membuat tangga kapal. 

Itulah informasi mengenai perbedaan tali tampar VS tali manila. Bagi Anda yang membutuhkan tali tampar dan tali manila, Anda dapat menghubungi kami. Sebagai distributor kami menjual berbagai jenis tali dan perlengkapan kapal lainnya. Segera hubungi kami dan dapatkan penawaran terbaik dari kami. 

Baca Juga : Jual Berbagai Jenis Tali Tambang Kualitas Terbaik

VELASCO INDONESIA PERSADA adalah distributor dan Supplier tali tambang di jakarta dan juga menjual Tali PE, Tali PP Multifilament dll, dengan pelayanan terbaik di Jakarta. Kami juga menjual alat kapal, Tali PP Monofilament, Tali Manila, Tali Megaflex  Lihat produk kami lainnya di sini. Rantai, rigging, wire rope, alat keselamatan kapal, peralatan safety, chemical product Semua barang yang kami jual dilengkapi sertifikat dan berkualitas. Silahkan hubungi kami lewat Whatsapp (081290808833) atau 021 690 5530. Bisa juga melalui email ke info@velascoindonesia.com atau sales@velascoindonesia.com Atau lihat produk kami lainnya di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *