Seperti kendaraan pada umumnya, kapal laut juga memerlukan bahan bakar untuk bergerak atau beroperasi. Ada beberapa jenis bahan bakar kapal yang digunakan dan umumnya menggunakan minyak bumi. Lalu bagaimana cara mengisi bahan bakar kapal? Apakah sama dengan pengisian bahan bakar untuk kendaraan lain? Mari kita bahas! Cara Mengisi Bahan Bakar Kapal Laut

Bahan bakar kapal berfungsi sebagai sumber energi yang digunakan untuk menggerakan mesin kapal dan komponen-komponen lainnya. Proses pengisian bahan bakar kapal atau yang disebut bunkering merupakan proses yang vital dan membutuhkan perhatian khusus demi menjaga keselamatan dan keamanan. Hal ini karena besarnya jumlah bahan bakar yang dibutuhkan kapal, umurnya puluhan hingga ribuan ton minyak tergantung pada jenis dan ukuran kapal tersebut. 

Salah satu bahaya yang dapat ditimbulkan dari proses pengisian bahan bakar kapal ini adalah tumpahan minyak  (oil spill) hingga mengakibatkan ledakan dan kebakaran. Maka dari itu, dalam proses pengisian bahan bakar kapal tidak boleh sembarang dilakukan. para kru harus mengetahui cara mengisi bahan bakar kapal yang sesuai dengan prosedur. 

Cara mengisi bahan bakar kapal 

Berikut ini langkah-langkah yang dapat dilakukan dalam mengisi bahan bakar kapal: 

  • Persiapan sebelum melakukan pengisian bahan bakar

Sebelum melakukan pengisian bahan bakar pada kapal ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan. Langkah pertama yakni pastikan kapal berlabuh dengan aman di dermaga atau pelabuhan. Selain itu pastikan sistem bahan bakar kapal dalam kondisi baik dan siap menerima pasokan bahan bakar. Pastikan kapal memiliki tangki pengisian yang cukup untuk menampung volume bahan bakar yang akan diisi.  

  • Memilih sumber bahan bakar yang tepat

Pilihlah jenis bahan bakar dan sumber bahan bakar yang sesuai dengan spesifikasi yang direkomendasikan produsen kapal. Selain itu pastikan juga jika bahan bakar yang digunakan memiliki kualitas yang baik sesuai dengan standar pemerintah. 

  • Perhatikan keselamatan 

Keselamatan merupakan faktor yang paling penting dalam proses pengisian bahan bakar kapal. Pastikan semua kru atau personel yang melakukan pengisian bahan bakar ini menggunakan alat keselamatan kapal yang memenuhi standar seperti menggunakan wearpack, helm, jaket pelampung dan lainnya. Selain itu, pastikan sistem [pemadam kebakaran dan alat pemadam tersedia dan mudah diakses demi meminimalisir resiko yang dapat ditimbulkan dari proses pengisian bahan bakar ini. 

  • Menghubungkan selang bahan bakar

Langkah selanjutnya adalah menyambungkan selang bahan bakar ke tangki pengisian. Pastikan selang bahan bakar dalam kondisi baik dan tidak ada kebocoran. Selain itu pastikan juga sistem pengunci atau katup selang dalam posisi yang benar dan berfungsi dengan baik. 

  • Memulai pengisian bahan bakar 

Mulai pengisian bahan bakar secara perlahan dan pastikan aliran bahan bakar terkendali. [perhatikan apakah ada tanda-tanda kebocoran saat proses pengisian bahan bakar. Jika terjadi masalah, segera hentikan proses pengisian dan cek penyebabnya. 

  • Mengontrol jumlah bahan bakar yang akan diisi

Selama proses pengisian, kontrol jumlah bahan bakar yang akan diisi ke kapal, sesuaikan dengan kapasitas kapal. Jangan melebihi dari kapasitas yang telah ditentukan, hal ini karena dapat menyebabkan kapal tidak seimbang. 

  • Pantau proses pengisian bahan bakar 

Lakukan pemantauan selama proses pengisian bahan bakar demi mematikan tidak ada kebocoran yang terjadi. Pastikan Pastikan aliran bahan bakar, tekanan dan suhu selama proses pengisian tetap aman.

  • Memutus selang bahan bakar dan membersihkan area 

Setelah selesai melakukan pengisian, matikan aliran bahan bakar dan putus elang dengan hati-hati. Patikan tidak ada tumpahan minyak di area sekitar pengisian.

  • Membuat laporan pengisian bahan bakar 

Setelah selesai melakukan pengisian, buat laporan mengenai jumlah bahan bakar yang telah diisi ke dalam kapal. Hal ini bermanfaat dalam proses pencatatan dan pemantauan penggunaan bahan bakar. Laporkan catatan tersebut kepada pihak terkait. 

Mengisi bahan bakar kapal memang merupakan tuga yang penting dan harus dilakukan dengan hati-hati. Maka dari itu dalam menjalankan proses pengisian ini perlu dilakukan dengan Cara Mengisi Bahan Bakar Kapal Laut yang sesuai dengan prosedur yang tepat dengan memperhatikan keselamatan keamanan. Bagi Anda yang memerlukan alat perkapalan seperti jangkar, rantai jangkar ataupun alat keselamatan kapal seperti jaket pelampung, ban pelampung, sekoci, Anda dapat menghubungi kami. Kami merupakan distributor alat kapal terpercaya yang menjual bagai jenis alat kapal berkualitas dengan harga terbaik.  

Baca Juga : Jual Jangkar Kodok Bersertifikat

VELASCO INDONESIA PERSADA adalah distributor dan Supplier Alat Navigasi dan komunikasi marine di jakarta dan juga menjual  ICOM, SAMYUNG, MOTOROLA, FURUNO, SHAKESPEARE dll, dengan pelayanan terbaik di Jakarta. Kami juga menjual alat kapal, Lihat produk kami lainnya di sini. Rantai, rigging, wire rope, alat keselamatan kapal, peralatan safety, chemical product Semua barang yang kami jual dilengkapi sertifikat dan berkualitas. Silahkan hubungi kami lewat Whatsapp (081290808833) atau 021 690 5530. Bisa juga melalui email ke info@velascoindonesia.com atau sales@velascoindonesia.com Atau lihat produk kami lainnya di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *