Dalam industri yang melibatkan pengangkatan dan pengikatan beban berat, keamanan dan efisiensi adalah hal yang utama. Dua komponen penting yang sering digunakan untuk tujuan ini adalah master link dan shackle. Meskipun keduanya digunakan untuk menghubungkan berbagai komponen pengangkatan, namun keduanya memiliki karakteristik dan aplikasi yang berbeda. Artikel ini akan membahas perbandingan antara Master Link VS Shackle Perbandingan dan Kegunaan dalam Industri

Master Link

Master link adalah komponen berbentuk oval atau persegi panjang yang biasanya digunakan sebagai titik penghubung utama dalam sistem rigging. Alat ini dirancang untuk menahan beban berat dan sering digunakan dalam aplikasi yang memerlukan distribusi beban yang merata. Master link biasanya terbuat dari baja paduan berkekuatan tinggi yang dapat menahan tekanan dan tarikan yang ekstrem.

Kegunaan dalam Industri
  • Industri Konstruksi: Master link digunakan dalam berbagai aplikasi pengangkatan, seperti mengangkat balok baja, beton, dan material konstruksi lainnya. Mereka membantu memastikan bahwa beban didistribusikan secara merata, mengurangi risiko kegagalan peralatan.
  • Industri Maritim: Dalam aplikasi maritim, master link digunakan untuk menghubungkan rantai dan tali pada kapal, memungkinkan pengangkatan barang dan peralatan berat di atas kapal.
  • Pertambangan: Master link digunakan dalam operasi pertambangan untuk mengangkat peralatan berat dan material dari tambang ke permukaan.

Baca Juga : Ketahui Jenis-Jenis dan Fungsi Master Link Alat Lifting

Shackle

Shackle adalah alat penghubung berbentuk U dengan pin yang dapat dilepas di satu ujung. Shackles digunakan untuk menghubungkan rantai, tali, atau kawat sling pada titik pengangkatan. Mereka hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran, dengan beberapa jenis yang paling umum termasuk anchor shackle dan chain shackle.

Kegunaan dalam Industri
  • Pengangkatan dan Pengikatan: Shackles digunakan secara luas dalam operasi pengangkatan untuk menghubungkan sling pada crane atau titik pengangkatan lainnya. Mereka mudah dipasang dan dilepas, membuatnya ideal untuk aplikasi yang memerlukan pengaturan cepat.
  • Industri Minyak dan Gas: Dalam operasi minyak dan gas, shackles digunakan untuk mengamankan peralatan dan material selama transportasi dan pengangkatan, memastikan keamanan dan stabilitas selama operasi.
  • Industri Transportasi: Shackles juga digunakan dalam industri transportasi untuk mengikat kargo pada truk dan trailer, mencegah pergeseran selama pengiriman.

Perbandingan Master Link dan Shackle

Berikut ini Master Link VS Shackle Perbandingan dan Kegunaan dalam Industri beberapa perbedaan antara mater link dan shackle dan industri: 

  • Kekuatan dan Kapasitas Beban

Master link umumnya memiliki kapasitas beban yang lebih tinggi dibandingkan dengan shackle, terutama ketika digunakan dalam konfigurasi multi-kaki (multi-leg sling assemblies). Ini membuat master link lebih cocok untuk aplikasi yang memerlukan distribusi beban yang merata dan pengangkatan beban sangat berat.

  • Fleksibilitas dan Kemudahan Penggunaan

Shackle menawarkan fleksibilitas yang lebih besar dalam hal pengaturan dan pemasangan. Dengan desain yang mudah dilepas dan dipasang, shackles lebih ideal untuk aplikasi yang memerlukan perubahan cepat dalam pengaturan rigging.

  • Aplikasi Khusus

Master link lebih sering digunakan dalam aplikasi yang memerlukan distribusi beban merata dan kapasitas beban tinggi, seperti konstruksi dan maritim. Shackle, di sisi lain, lebih sering digunakan dalam aplikasi yang memerlukan pengaturan cepat dan fleksibel, seperti pengangkatan dan pengikatan kargo.

Baik master link maupun shackle memiliki peran penting dalam industri yang melibatkan pengangkatan dan pengikatan beban berat. Pemilihan antara keduanya tergantung pada kebutuhan spesifik aplikasi, termasuk kapasitas beban, fleksibilitas, dan kemudahan penggunaan. Memahami perbedaan ini membantu memastikan bahwa peralatan yang tepat digunakan untuk tugas yang tepat, meningkatkan keamanan dan efisiensi operasi.

PT. Velasco Indonesia Persada, sebagai distributor berbagai peralatan industri, menyediakan beragam pilihan master link dan shackle berkualitas tinggi untuk memenuhi kebutuhan industri Anda. Jangan ragu untuk menghubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan konsultasi produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Baca Juga : Jual Berbagai Jenis Shackle Omega Harga Terjangkau

VELASCO INDONESIA PERSADA adalah distributor dan Supplier Alat Rigging di jakarta dan juga menjual¬† Clevis Grab Hook, Eye Bolt, Spelter Socket, Swivel Shur Loc Hook, Eye Hook ,Hammerlock, Ratchet Load Binder, Master Link Assembly, Shackle, Thimble Heavy Duty, Turnbuckle, Swivel, Wire Clip, Rachet, Webbing Sling, Lever Block, Chain Block dll, dengan pelayanan terbaik di Jakarta. Kami juga menjual alat kapal, Lihat produk kami lainnya di sini. Rantai, rigging, wire rope, alat keselamatan kapal, peralatan safety, chemical product Semua barang yang kami jual dilengkapi sertifikat dan berkualitas. Silahkan hubungi kami lewat Whatsapp (081290808833) atau 021 690 5530. Bisa juga melalui email ke [email protected] atau [email protected] Atau lihat produk kami lainnya di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *