Jika Anda bekerja di bidang industri dan perkapalan pastinya sudah tak asing dengan benda yang disebut dengan Shackle. Shackle atau yang disebut dengan segel memiliki fungsi yang penting sebagai alat penghubung antar sling dengan benda yang akan diangkat. Shackle ini memiliki bentuk dan ukuran yang beragam, jadi dalam memilih shackle tidak boleh sembarangan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Agar Anda tidak salah pilih, kami akan memberikan beberapa tips memilih  shackle yang tepat sesuai dengan kebutuhan Anda. Shackle adalah alat bantu angkat yang digunakan untuk menyambung atau mengaitkan sling dengan objek yang akan diangkat. Saat digunakan, bongkar pasang segel sangat mudah, memungkinkan kita menggunakan satu sling untuk banyak objek yang akan diangkat atau dipindahkan. Biasanya, alat bantu ini terbuat dari baja dan memiliki bentuk melengkung seperti huruf U dengan pengunci di ujungnya yang dapat dilepas. 

Tips Memilih Shackle

Sangat penting memilih shackle yang tepat untuk proses pengangkatan/lifting. Sebab selain membuat proses pengangkatan lebih mudah, memilih shackle yang tepat juga dapat mengurangi risiko kecelakaan kerja. Berikut ini tips memilih shackle yang tetap untuk kebutuhan Anda: 

1. Kenali Jenis Shackle

Segel ini dapat dibedakan menjadi beberapa jenis berdasarkan material bahan baku, bentuk tipe, dan penguncinya. Berikut penjelasan jenis shackle yang digunakan di berbagai industri: 

a. Berdasarkan material bahan baku 

  • Shackle JIS : Shackle JIS terbuat dari material  mild steel/Malleable steel. Jenis shackle ini memiliki karakteristik tidak memiliki nilai breaking load yang artinya tidak dapat digunakan untuk aplikasi berat. Jenis Shackle ini hanya cocok digunakan untuk aplikasi ringan seperti i dapra, pagar, dan lashing (ikat).
  • Shackle SWL : Jenis shackle ini terbuat dari bahan besi karbon yang mengandung  0.5% hingga 1.5% karbon bersama dengan campuran mangan, belerang, fosfor, dan silikon. Karena karena itu shackle SWL dapat digunakan untuk aplikasi berat karena memiliki nilai breaking load yang cukup tinggi. 

b. Berdasarkan Bentuknya 

  • Shackle Dee : Segel ini disebut shackle Dee karena bentuknya menyerupai huruf D. Jenis segel ini hanya digunakan untuk tugas mengangkat objek dengan menggunakan rantai sebagai alat bantunya. Karena bentuk D-nya, rantai dapat terpasang dengan kuat pada lubang sehingga rantai tidak bisa bergerak atau goyang saat digunakan untuk mengangkat objek.
  • Shackle Omega : Segel jenis ini disebut shackle omega karena bentuknya mirip dengan simbol “Ω”. Shackle ini umumnya digunakan untuk aplikasi lifting ataupun towing yang menggunakan wire rope sling. Segel Omega memiliki lubang kait yang lebih besar dari jenis Dee. Bentuk lubang kait ini dibuat sesuai dengan bentuk wire rope yang umumnya memiliki ukuran yang lebih besar dari pada rantai dan sekaligus shackle ini bisa memuat banyak sling. 

c. Berdasarkan Penguncinya 

  • Screw Pin: Segel dengan bentuk pin dan pemutar sekrup tidak memerlukan pengunci tambahan. Cara kerjanya sederhana: cukup kencangkan ulir sehingga tidak terlepas saat digunakan. Segel ini biasanya digunakan untuk tujuan yang tidak permanen atau dapat dibongkar pasang.
  • Round Pin: Segel jenis ini ditujukan untuk penggunaan non permanen, karena tidak menggunakan ulir sebagai pengencang. Namun, segel jenis ini menggunakan pengunci yang terletak di ujung pin.
  • Bolt & Nut Type: Segel bolt umumnya digunakan untuk aplikasi yang lebih permanen, seperti offshore, karena mereka dikenal lebih aman dan tidak mudah terbuka. Hal ini dimungkinkan oleh pengunci baut dan pin yang terletak pada segel. Pengunci jenis ini dianggap lebih kuat dan aman untuk mencegah objek diaplikasikan saat digunakan.
2. Tentukan jenis shackle dan pin yang akan digunakan

Perlu diingat bahwa setiap jenis shackle memiliki fitur dan fungsi yang berbeda. Penggunaannya sangat berbeda satu sama lain secara teknis. Anda dapat memilih segel jenis rantai untuk aplikasi mengangkat dan menarik secara tegak lurus, sedangkan segel jenis wire rope dapat digunakan untuk penarikan yang tidak tegak lurus.

Selain itu, bentuk pin juga sangat penting dalam memilih segel. Seperti dijelaskan sebelumnya, jenis shackle juga dibedakan berdasarkan bentuk pin (pengunci). Jika Anda ingin segel untuk tujuan permanen, pin baut akan lebih baik karena memiliki kekuatan cengkram yang lebih besar. Namun, untuk tujuan non-permanen, Anda dapat menggunakan segel berpin bulat atau sekrup, karena keduanya mudah dibongkar pasang.

3. Sesuaikan dengan kapasitas sling yang digunakan 

Tips memilih shackle yang tepat selanjutnya yakni menyesuaikan dengan jenis sling dan beban yang akan diangkat. Pastikan Anda memilih shackle dengan ukuran diameter yang lebih daripada wire rope sling yang Anda gunakan. Untuk rasionya lebar shackle dan wire rope yakni 1:1. 

4. Ketahui beban yang akan diangkat 

Tips memilih shackle yang terakhir adalah dengan mengetahui jenis dan berat  barang atau obyek yang akan diangkat. Jika beban yang akan diangkat cukup berat dan memerlukan pengait yang kokoh, maka jenis segel baut ini akan sangat cocok untuk mencengkram beban dengan kuat.

Itulah beberapa tips memilih shackle yang tepat. Dengan tips maka  Anda dapat memilih shackle yang tepat sesuai dengan kebutuhan Anda. Bagi Anda yang membutuhkan shackle berkualitas, ANda dapat menghubungi kami. PT. Velasco Indonesia merupakan distributor alat kapal yang menjual berbagai shackle berkualitas dengan harga terbaik. 

Baca Juga : Jual Shackle Berbagai Tipe dan Ukuran

VELASCO INDONESIA PERSADA adalah distributor dan Supplier Shackle di jakarta dan juga menjual  Clevis Grab Hook, Eye Bolt, Spelter Socket, Swivel Shur Loc Hook, Eye Hook ,Hammerlock, Ratchet Load Binder, Master Link Assembly, Thimble Heavy Duty, Turnbuckle, Swivel, Wire Clip, Rachet, Webbing Sling, Lever Block, Chain Block dll, dengan pelayanan terbaik di Jakarta. Kami juga menjual alat kapal, Lihat produk kami lainnya di sini. Rantai, rigging, wire rope, alat keselamatan kapal, peralatan safety, chemical product Semua barang yang kami jual dilengkapi sertifikat dan berkualitas. Silahkan hubungi kami lewat Whatsapp (081290808833) atau 021 690 5530. Bisa juga melalui email ke info@velascoindonesia.com atau sales@velascoindonesia.com Atau lihat produk kami lainnya di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *