Kini kebutuhan akan rantai sangat besar, baik untuk kebutuhan rumah tangga hingga industri. Apalagi yang berkaitan dengan proses pengangkatan dengan beban yang memiliki bobot besar. Berbagai jenis rantai dibuat dengan kelebihannya masing-masing, salah satunya rantai yang dapat tahan terhadap karat. Ada dua jenis rantai yang tahan terhadap karat yakni rantai stainless steel dan rantai galvanis. Namun di antara Rantai Stainless Steel Atau Rantai Galvanis Mana Yang Lebih Tahan Karat Simak penjelasannya. 

Baik rantai stainless steel maupun galvanis sama-sama terbuat dari besi. Tetapi seperti yang kita ketahui, besi memiliki sifat korosif dan mudah berkarat. Para produsen mengatasi masalah karat ini dengan melapisi rantai dengan lapisan khusus yang dapat menahan karat. Lapisan tersebut adalah galvanis dan stainless steel. 

Rantai galvanis di lapisan galvanis yang mengandung seng atau zinc. Sedangkan rantai stainless steel dilapisi dengan lapisan yang mengandung  nikel atau chromium. Dimana lapisan ini membuat rantai stainless steel memiliki tampilan yang lebih mengkilap daripada rantai galvanis.  

Lalu antara Jawabannya adalah rantai stainless steel. Hal ini karena lapisan stainless steel mengalami proses kimia yang dapat melapisi seluruh bagian rantai sehingga dapat melindungi rantai secara keseluruhan. 

Selain itu, rantai stainless telee juga memiliki permukaan yang lebih halus sehingga dapat meminimalisir gesekan antara mata rantai dengan mata rantai lainnya. Hal ini juga membuat lapisan stainless steel pada rantai tidak mudah rusak sehingga rantai lebih tahan terhadap karat. Meski begitu sayangnya rantai stainless steel tidak memiliki nilai breaking load yang tinggi seperti rantai galvanis. 

Bagi Anda yang membutuhkan rantai dengan nilai breaking load yang besar Anda dapat memilih rantai galvanis. Sebenarnya rantai galvanis memiliki ketahanan terhadap karat yang cukup baik sama seperti rantai stainless steel. Hanya saja pada rantai galvanis, ketahanan karat tergantung pada ketebalan lapisan galvanis. Jadi makin tebal lapisan galvanis yang berikan maka rantai lebih tahan terhadap karat. 

Meski begitu kelemahan rantai galvanis adalah permukaan rantai yang lebih kasar jika dibandingkan dengan rantai stainless steel. Hal ini memungkinkan terjadi gesekan antar mata rantai yang membuat lapisan galvanis cepat aus dan mempercepat proses pengaratan. 

Itu dia jawaban antara Rantai Stainless Steel Atau Rantai Galvanis Mana Yang Lebih Tahan Karat Jadi dari ketahanan terhadap karat, rantai stainless steel lebih baik dari pada rantai galvanis. Namun dari segi kekuatan, rantai galvanis lebih baik dari stainless steel. Untuk itu pastikan Anda memilih rantai yang sesuai dengan kebutuhan Anda di lapangan serta pastikan juga Anda  membeli rantai di distributor yang terpercaya agar rantai yang Anda beli terjamin kualitasnya. PT. Velasco Indonesia merupakan distributor rantai yang menjual rantai berkualitas dengan harga terbaik. Segera hubungi kami untuk mendapatkan penawaran menarik! 

Baca Juga : Perbedaan Rantai Baja VS Rantai Besi

VELASCO INDONESIA PERSADA adalah distributor dan Supplier Rantai di jakarta dan juga menjual  Rantai Stainless Steel, Rantai Baja, Rantai Galvanis dll, dengan pelayanan terbaik di Jakarta. Kami juga menjual alat kapal, Lihat produk kami lainnya di sini. Rantai, rigging, wire rope, alat keselamatan kapal, peralatan safety, chemical product Semua barang yang kami jual dilengkapi sertifikat dan berkualitas. Silahkan hubungi kami lewat Whatsapp (081290808833) atau 021 690 5530. Bisa juga melalui email ke info@velascoindonesia.com atau sales@velascoindonesia.com Atau lihat produk kami lainnya di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *