Alat Pemadam Api Ringan (APAR) merupakan alat pemadam kebakaran yang paling sering  digunakan. APAR bisa ditemui di di berbagai fasilitas seperti rumah, gedung, sekolah hingga fasilitas publik lainnya. Ada beberapa jenis apar yang dibedakan berdasarkan media yang digunakan, salah satunya adalah APAR powder. Ketahui Fungsi dan Cara Menggunakan APAR Powder

APAR powder adalah salah satu jenis APAR yang menggunakan media dry chemical powder untuk memadamkan api. Di dalam tabung APAR powder terdiri dari tekanan dan media pemadam. Dimana APAR powder menggunakan sistem tekanan stored pressure sedangkan untuk medianya merupakan kombinasi dari mono-amonium dan ammonium sulphate.

APAR powder berfungsi untuk memadamkan api untuk kelas kebakaran A, B, dan C. Karena APAR powder ini dapat mengatasi kebakaran hampir di berbagai kelas kebakaran maka tidak heran jika jenis APAR sering disebut dengan APAR multifungsi. Dimana kelas kebakaran A meliputi kebakaran yang diakibatkan oleh benda kering seperti kertas, kayu dan lainnya. Kelas kebakaran B disebabkan benda cair seperti bensin, oli dan lainnya.Hingga kelas C yang diakibatkan oleh masalah kelistrikan. 

Dalam memadamkan api, APAR powder ini bekerja dengan dua cara yakni : 

  • Smothering : mengisolasi atau menyelimuti api agar tidak mendapat pasokan oksigen yang menjadi user pembentukan api. 
  • Starvation: memisahkan dan mengurangi unsur lain yang menjadi bahan kabar pembentukan api.  

Dengan memiliki cara kerja yang ganda ni, memungkinkan APAR powder mampu memadamkan api secara cepat dan efisien. Dengan begitu kebakaran dapat dicegah secara cepat sehingga dapat meminimalisir resiko atau kerugian yang lebih besar. 

Cara Menggunakan APAR Powder

Cara menggunakan APAR Powder terbilang cukup mudah. Sama seperti APAR jenis lainnya, cara menggunakan APAR powder juga menggunakan teknik P.A.S.S. (Pull, Aim, Squeeze, Sweep). 

  • Pull : Cara pertama yakni dengan pull atau menarik safety pin atau pin pengaman yang terletak di bagian tuas APAR.
  • Aim : Setelah pin pengaman ditarik lalu pegang ujung selang dan arahkan nozzle ke titik api. Pastikan Anda memegang nozzle dengan kuat supaya media yang keluar dari APAR dapat terkendali. 
  • Squeeze: Setelah nozzle diarahkan ke titik api dan dipegang dengan kuat, lalu langkah selanjutnya adalah menekan tuas APAR secara maksimal hingga media yang ada di dalam APAR habis. 
  • Sweep: Cara menggunakan selanjutnya adalah sapukan atau arahkan media pemadam yang keluar dari nozzle secara merata ke titik ap. 

Demikian Ketahui Fungsi dan Cara Menggunakan APAR Powder. Meski cara penggunaanya cukup mudah, namun Anda perlu memperhatikan beberapa hal lain seperti arah angin. Jangan menyemprotkan APAR powder berlawanan dengan arah angin. Sebab hal ini akan membuat api justru akan mengarah ke tubuh dan dapat membahayakan bagi keselamatan Anda. 

Selain itu dalam memilih APAR powder juga harus bersertifikat atau telah direkomendasikan oleh damkar sehingga kualitasnya dapat terjamin dan aman digunakan. Jika Anda membutuhkan APAR powder berkualitas Anda menghubungi marketing kami.  PT Velasco Indonesia Persada menjual APAR powder dan peralatan pemadam kebakaran lainnya dengan kualitas terbaik dan harga kompetitif. 

Baca Juga : Perbedaan APAR foam dan Powder

VELASCO INDONESIA PERSADA adalah distributor dan Supplier APAR di jakarta dan juga menjual Heat Detector, Fireman Life Line, Fireman Axe, Fire Blanket, Fire Hose Coupling, Smoke Detector dll, dengan pelayanan terbaik di Jakarta. Kami juga menjual alat kapal, Fireman Rubber Boots alat rigging, alat lifting, tali mooring, tali tambang, Fireman Belt, Fireman Outfit, Fire Hydrant, Fire Hose, Fire Hose Box, Fire Hose Connector, EEBD, Fireman Helmet, Fire Hose Nozzle, GPS   dll. Lihat produk kami lainnya di sini. Rantai, rigging, wire rope, alat keselamatan kapal, peralatan safety, chemical product Semua barang yang kami jual dilengkapi sertifikat dan berkualitas. Silahkan hubungi kami lewat Whatsapp (081290808833) atau 021 690 5530. Bisa juga melalui email ke info@velascoindonesia.com atau sales@velascoindonesia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *